Kota Tangerang – Launching pasar digital Kampung Markisa dan Kampung Asian Games menghadirkan warna baru di Kota Tangerang. Kampung yang terletak di Jalan K.S Tubun Gang H.M.Noor 1 Pasar Baru , Karawaci Kota Tangerang depan RS. Hermina Tangerang yang dibentuk oleh Genpi (Generasi Pesona Indonesia) Kota Tangerang yang bekerjasama dengan warga kampung setempat. Sabtu (21/07/2018)

Dihadiri langsung oleh Walikota Kota Tangerang, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Dinas Pariwisata Kota Tangerang, Sekda Kota Tangerang, Camat Karawaci Kota Tangerang, Lurah Pasar Baru Kota Tangerang, Mantan Wakil Gubernur Banten, Ketua Forni Kota Tangerang, Kepala Lembaga Sertifikasi Kota Tangerang, Kepala OPD Kota Tangerang, Paguyuban Kang & Nong Kota Tangerang, Putra & Putri Pariwisata Banten, Putra Pariwisata Nusantara dan Generasi Pesona Indonesia Kabupaten Kota Se-Provinsi Banten.

Amaludin selaku kepala Kampung Markisa mengatakan bahwa ada 19 jenis makanan yang disajikan di stand-standnya. Salah satunya Miredagi (Mi rebus daun ginseng) yaitu makanan khas Kampung Markisa.

Kampung yang dihiasi mural-mural disepanjang jalan dan dinding menjadi kampung yang dulunya kumuh dan rentan banjir menjadi edukasi baru. Selain itu juga terdapat tanaman-tanaman hidroponik dan berbagai tanaman hias. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang disulap menjadi pot dan hiasan-hiasan menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto.

“Nama kampung Markisa sendiri adalah singkatan dari Mari Kita Sadar artinya kita harus sadar untuk membersihkan dan merawat kampung ini” ujar Rina Hernaningsih selaku Dinas Pariwisata Kota Tangerang.

Beragam atraksi kesenian dari berbagai komunitas seperti Marawis, Band, Tangerang Freestyle Soccer Club dan suasana semakin cair dan seru dengan senam Asian game lagu ‘Via Vallen – Meraih Bintang’. Selain itu juga ada Lomba Mural dan Lomba Mewarnai untuk TK dan SD.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten berharap supaya warga agar bisa menjaga konsistensi, harus terus dipertahankan dan jangan dijadikan perseteruan antarwarga, Pokdarwis nya di bentuk dan terus pertahankan kebersihannya.

“Mari kita sadar, Sadar bahwa sesungguhnya kita bisa melakukan yang terbaik untuk lingkungan kita, keluarga kita, daerah kita. Selamat untuk hadirnya Destinasi wisata Kampoeng Markisa dan Kampung Asian Game. Sukses penyelenggaraannya dan sukses Indonesia juara” Sambungnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kampung Markisa ini menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lain di Kota Tangerang. Kampung yang cikal bakalnya berawal dari kampung PHBS” Ungkap Walikota Kota Tangerang, Arief Wismansyah.

“Semoga kampung-kampung yang ada di Kota Tangerang ini semakin tertata, lebih sehat dan bersih serta kehidupan sosialnya semakin meningkat dan yang pasti semoga semakin meningkatkannya kesejahteraan masyarakat” Lanjutnya.

Penulis: Hendriyana – genpiLebak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here