Memperkenalkan Batik Banten di Daerah Lain

INAVEST Bandung 2018 yang diselenggarakan dari Jumat, 14 September 2018 sampai Minggu, 16 September 2018. Demi mempermudah dan meningkatkan mutu pelayanan public, memberikan informasi yang sedetail-detailnya kepada calon investor Negara mengenai proses investasi dan perijinan, sebagai ajang pertukaran informasi dan sharing antar pemerintah daerah dan institusi terkait lainnya, mempromosikan potensi dan peluang investasi unggulan yang dimiliki pemerintah pusat dan daerah, mendorong masuknya investasi ke daerah, meningkatkan kemampuan dan profesionalitas aparatur pusat dan daerah dalam melayani dan mempromosikan peluang investasi.

Bandung kembali mengadakan kegiatan rutin Inavest 2018 dengan bertema “Pameran Pelayanan Publik & Investasi”. yang diikitu oleh beberapa Kota & Kabupaten di Indonesia. kali ini inavest diadakan langsung di Landmark Convention Hall – Bandung, Jawa Barat.

Menurut Drs. Nursalim M.Si. Selaku Kepala Bidang Promosi Disparpora Kota Serang “Tujuan acara Inavest ini dalam rangka memperkenalkan product daerah (Kota Serang) khususnya potensi pariwisata, ekonomi dan sumber daya manusia kepada dunia luar, baik dalam maupun luar negeri. Yang kita harapkan dari kegiatan ini adalah memberikan kontribusi pada PAD kota serang baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan adanya acara ini berharap akan berdampaknya bagi transaksi ekonomi khususnya ekonomi kreatif. Pelaku ekonomi kreatif yg kami libatkan selanjutnya dapat menindak lanjuti dengan buyer yang telah berhubungan dengan dalam kegiatan ini dan Khususnya Kota Serang lebih dikenal oleh Kota & Kabupaten lain di seluruh Indonesia” tuturnya.

“Dengan diadakannya acara ini kami bisa sangat menghargai para pengrajin tradisional salah 1 nya adalah Batik. Kita harus benar-benar teliti & ulet untuk mengerjakan setiap titik-titik setiap detail Pola Batik tersebut yang akan membuat kita semakin mencintai & memperkenalkan Batik kepada warga negara luar” ujar Sari Dewi salah satu peserta.

Dalam kesempatan ini Disparpora Kota Serang ikut mengisi acara InaVest. Yaitu dengan menampilkan proses membatik Batik Banten. Pengunjung diajak untuk ikut membatik guna mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang makna Batik Banten. Bahkan Wisatawan Mancanegara pun antusias dengan mengikuti kegiatan tersebut.

“Acara INAVEST sangat baik dan perlu dilestarikan seperti acara INACKRAF di JCC.
Lokasi Inavest sudah baik terkenal sejak dulu dan Batik Banten pernah mengikuti pameran Gebyar Wisata di Braga Bandung pada tahun 2003 lalu. Tentunya sangat positif dan baik dengan adanya Inavest, positifnya bagi kemajuan pembangunan daerah dan persahabatan wilayah Kota & Kabupaten di Indonesia. Terjalin akrab untuk saling mempromosikan daerahnya hingga tercapainya kemajuan pembangunan daerah yang baik telah dapat dirasakan oleh pelaku-pelaku usaha daerah dan masyarakat sekitarnya.” ujar Ir. Uke Kurniawan, SE selaku Owner Batik Banten.

Selain itu, Disparpora Kota Serang juga menyuguhkan Fashion Show Batik Banten yang diperagakan oleh Kang & Nong Kota Serang dengan menyajikan karya seni Batik Banten dalam berbagai motif. Animo pengunjung pameran terhadap acara ini sangat besar yang membuat acara ini semakin sukses & semarak.

Penulis : Agung Mulyana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here