Senin (11/01/18), Asisten deputi pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga Deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan Kementerian Pariwisata, hari ini mengadakan kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Dalam Rangka Dukungan Jambore HPI Dan Pokdarwis di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang bertempat di Mutiara Carita Hotel.

Peserta dari kegiatan ini antara lain dari Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), HPI Banten (Himpunan Pramuwisata Indonesia Banten), dan Genpi se- Provinsi Banten.

Kegiatan yang telah dibuka oleh ketua pelaksana acara tersebut, sekaligus ketua bidang pengembangan masyarakat Kementerian Pariwisata yakni Dra. Ambar Rukmi, M. Pd mengatakan dalam sambutannya bahwa beliau menekankan pariwisata Banten Bangkit dan mendukung untuk mencapai sebuah target yang ada di bidang pariwisata yang sudah di targetkan oleh Kemenpar. Beliau juga mengatakan bahwa konsep dari sadar wisata ini adalah sebuah konsep yang menggambarkan parsitipasi dan dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan Dinas Pariwisata untuk mendukung iklim yang positif agar terjadi kepariwisataan yang baik.

Selanjutnya, kegiatan ini di isi dengan Fun Games yang diikuti oleh HPI dan Pokdarwis, setelah itu dilanjut dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Nurul Fitria selaku pembicara beliau menyampaikan tentang Desa Wisata dan Wisata Pedesaan. Beliau mengatakan ketika suatu Desa menjadikan wisata, maka Desa itupun harus menjunjung kearifan lokal serta ada kesepakatan yang tidak merusak nilai-nilai Desa karena Pariwisata bukan sebagai tujuan ekonomi sesaat akan tetapi untuk keberlanjutan dengan menggunakan konsep 3C (Clear, Champion, Commitment). Beliau juga mengataka bahwa, “Desa wisata kita juga bisa berkembang karena adanya telekomunikasi”. Jadi, di zaman sekarang yang dimana komunikasi sudah sangat berkembang, kita harus memanfaatkan agar Desa Wisata yang kita olah pun akan menjadi Desa Wisata yang Instagrammable.

Pembicara selanjutnya yaitu Sugeng Handoko selaku salah satu pemuda dibalik kepopuleran Desa Wisata Nglanggeran kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau mengatakan bahwa pelaku pariwisata itu harus mempunyai tujuan yang sama serta harus saling berkesinambungan dan bersinergi dalam membangkitkan pariwisata.

“Tujuan diadakan acara ini agar para pelaku pariwisata di daerah Banten bangkit dan bisa menghilangkan traumatis akibat bencana tsunami Selat Sunda,” ujar ketua Pelaksana. (OMNAFR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here