Serang, Banten – Kaum Millennials Pasti tahu dong tentang Suku Baduy? Masyarakat adat asal Kabupaten Lebak, Banten ini, memiliki tradisi unik yang digelar setiap tahunnya, yakni “Seba Baduy”. Dalam tradisi tersebut warga Baduy akan mendatangi kantor pemerintahan setempat dengan membawa hasil panen sebagai bentuk rasa syukur masyarakat baduy luar dan baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Sejumlah acara telah disiapkan demi menyambut perhelatan akbar tahunan yang digelar 20-22 April 2018 ini. Prosesi dimulai di Kabupaten Lebak dengan gelaran ‘Ngabageakeun masyarakat Baduy, Babacakan jeung urang Baduy, Prosesi Seba ke Bupati Lebak, Sapeuting jeung urang Baduy dan Lumangsungna bral miang masyarakat Baduy’.

Tidak berhenti sampai di sini, agenda kegiatan akan dilanjutkan ke Kota Serang di mana gelaran ‘Ngabageakeun masyarakat Baduy serta Arak-arakan dan Gebyar Exciting Banten on Seba Baduy’ sudah disiapkan untuk menyambut masyarakat Baduy yang berjalan kaki sejauh 99.8 Km. Di sela kegiatan tersebut, masyarakat adat Baduy akan melakukan prosesi Seba ke Gubernur Banten.

Setelah semua prosesi digelar, masyarakat adat Baduy yang semuanya laki-laki karena yang perempuan tidak diperbolehkan ikut, akan melakukan prosesi terakhir ke Bupati Serang lalu diakhiri kegiatan ‘Mulangkeun’.

Adapun rangkaian acara gebyar Exciting Banten On Seba Baduy yang berada di alun-alun kota serang diisi dengan acara seni budaya, gelar produk unggulan, workshop ekraf, kuliner khas banten, pagelaran batik dan tenun banten, pameran foto dan aneka hiburan lainnya.

Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2018 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengatakan, Seba Baduy merupakan salah satu destinasi wisata budaya favorit Provinsi Banten.

“Budaya itu semakin dilestarikan, akan semakin mensejahterakan,” ungkap Esthy Reko Astuti lebih jauh.

Pada tahun ini, keseruannya akan bertambah karena ada destinasi Digital pasar genpi di Exciting Banten On Seba Baduy. Genpi Banten akan hadir dengan standnya yang bertemakan destinasi digital berupa pasar, yaitu Pasar Kampung Bekelir dan Pasar Kaulinan.

Pasar Kaulinan yang berkonsep nature, manmade bambu dan khas capingnya, transaksi yang unik berupa koin yang terbuat dari batok kelapa. sementara itu Pasar Kampung Bekelir yang bernuansa urban dengan foodtrucknya. Di stand Genpi juga akan diadakan kegiatan lomba foto, penayangan video aktivitas genpi, dan destinasi. Jadi, tunggu apalagi. Yuk datang dan meriahkan Gebyar Exciting On Seba Baduy 2018.

kontributor: Aneu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here