Lebak – Seba baduy adalah sebuah prosesi adat perjalanan spiritual Suku Baduy dengan berjalan kaki ratusan kilometer untuk mendatangi Bapak Gede (Kepala daerah). Exciting Banten on Seba Baduy digelar setelah masa panen, dengan menjalani ritual kawalu selama tiga bulan. Selama ritual tersebut, wisatawan dilarang untuk mengunjungi wilayah Baduy Dalam di tiga perkampungan, yaitu Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik.

Serangkaian acara Exciting Banten on Seba Baduy sudah dimulai, Senin (29/4), di Kabupaten Lebak, Banten. Acara inti event ini digelar pada 4 Mei.

Dalam Event ini, ada beragam pameran dengan produk kreatif. Salah satu produk kreatif yang dihadirkan pada pameran tersebut adalah kerajinan khas Baduy.

Banyak sekali kerajinan khas suku Baduy yang dapat dibeli oleh pengunjung ketika datang ke pameran tersebut, seperti kain tenun, pakaian pangsi, kopiah, slayer baduy, gelang, dan tas dari saray. Banyak stand yang menjual kerajinan khas suku Baduy. Diantaranya yaitu genpi Lebak dan stand yang dijaga oleh Suku Baduy asli.

Banyak sekali pengunjung yang mengunjungi stand dan membeli kerajinan khas Baduy. Baik itu membeli souvenir sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat, maupun kerajinan yang dibeli untuk digunakan sendiri.

Pada umumnya, pengunjung menyukai kerajinan khas Baduy karena memiliki ciri khas dan diproses secara tradisional. Ciri khas dari kerajinan Suku Baduy ini mengandalkan bahan baku yang masih asri dan terdapat di alam sekitar, serta corak dan model yang tetap mengedepankan tradisi Suku Baduy. Salah satu contohnya adalah tas koja yang dibuat dari kulit pohon teurep. Begitu juga gelang yang terbuat dari rotan.

 

Tujuan dari pameran kerajinan khas Suku Baduy ini adalah untuk memperkenalkan serta melestarikan kearifan lokal, yaitu kerajinan yang dibuat secara tradisional oleh masyarakat Baduy.

Begitu pun pernyataan dari salah satu masyarakat Baduy, “Saya sih tidak terlalu memikirkan menang hasil, yang lebih penting memperkenalkan kerajinan khas baduy” ujar Sarip yang akrab disapa Arip.

(Husnul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here