Cilegon Ethnic Carnival (CEC) 2018 Ditarget Dongkrak Wisatawan

455
Photo : Ayun

Pameran busana etnik dan kesenian, Cilegon Ethnic Carnival (CEC) yang diselenggarakan kelima kalinya pada 2018 diharapkan dapat membantu pencapaian target jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Dalam pembukaan CEC yang berlangsung di depan Kantor Wali Kota Cilegon, Sabtu (28/04/2018) malam, Deputi bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Komang Ayu mengungkapkan bahwa pemerintah pusat telah menetapkan target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara yang mampu mendatangkan devisa negara Rp500 triliun.

Selama 2018, Kemenpar juga menargetkan 265 juta pergerakan wisatawan domestik dengan estimasi pengeluaran biaya mencapai Rp236 triliun.

Photo : Ayun

“Untuk mencapai dua target itu perlu koordinasi dan sinkronisasi program antara (pemerintah) pusat dan daerah. Kemenpar hanya mengatur kebijakan karena itu dukungan pemerintah daerah sangat penting dalam mencapai target jumlah wisatawan,” ujar Komang.

Penyelenggaraan Cilegon Ethnic Carnival diharapkan menjadi alternatif wisata yang dapat menjadi pilihan wisatawan sekaligus untuk mendukung keberadaan Tanjung Lesung di Pandeglang yang termasuk dalam 10 destinasi unggulan pengembangan pariwisata Tanah Air. “Kita berharap bukan hanya wisatawan dalam negeri tetapi wisatawan mancanegara juga datang berbondong-bondong ke Cilegon,” tuturnya.

Cilegon Ethnic Festival 2018 menampilkan pameran busana modern kontemporer dan kesenian dari berbagai budaya Nusantara.

Belasan komunitas paguyuban etnis di antaranya Cilegon, Tionghoa, Tapanuli, Lampung, Sunda, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Serang, Minang hingga Lampung berpartisipasi dalam acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati HUT Kota Cilegon.

Selain Cilegon Ethnic Carnival, HUT ke-18 Kota Cilegon juga dimeriahkan dengan kegiatan Sail Krakatau atau paket kunjungan wisata untuk menikmati keindahan Anak Gunung Krakatau langsung dari atas kapal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here